Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di MAN 2 Semarang

Sebagai tindak lanjut kegiatan Sosialisasi dan Bimtek PJAS yang diselenggarakan BPOM Provinsi Jawa Tengah di Hotel Wujil Ungaran pada Kamis–Jumat, 18–19 Juli 2024, MAN 2 Semarang mengadakan Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) kepada peserta didik kelas X, XI, dan XII di ruang rapat. Kegiatan ini diisi oleh tim Keamanan Pangan Madrasah. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan program keamanan pangan jajanan di madrasah.
Kepala MAN 2 Semarang, H. Muhammad Imam Mursid, S.Ag., S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa Pangan Jajanan Anak Sekolah harus diawasi dan dipantau terus karena sekarang banyak yang kurang sehat untuk dikonsumsi .
Materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini di antaranya adalah tentang gizi dan lima kunci keamanan pangan, yakni 1) kenali pangan aman, 2) beli pangan yang aman, 3) simpan pangan yang aman, 4) baca label dengan saksama, 5) catat atau laporkan temuan.
Pada kegiatan Sosialisasi PJAS ini peserta didik diberi materi pengenalan pangan yang sehat dan zat gizi yang dibutuhkan tubuh; penakaran konsumsi gula, garam dan lemak yang sesuai aturan; dan pemilihan makanan kemasan yang aman.
Dengan sosialisasi ini, peserta didik MAN 2 Semarang diharapkan dapat memperoleh akses informasi keamanan pangan yang valid agar pengetahuan dan pemahaman terhadap pangan meningkat. Selanjutnya, peserta didik dapat lebih selektif dalam memilih dan memilah jajanan di sekolah yang aman dan sehat.
(NA)