MAN 2 Semarang Gelar Manasik Haji Perdana di Halaman Madrasah

Tengaran- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Semarang menggelar manasik haji perdana di lingkungan sekolahnya. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh peserta didik kelas XI dan XII. Manasik haji ini dilaksanakan pada 18-19 Juli 2024 dan dibagi menjadi dua kloter. Kloter pertama, yang terdiri dari peserta didik kelas XII, berlangsung pada 18 Juli, sedangkan kloter kedua yang diikuti oleh peserta didik kelas XI digelar pada 19 Juli. Semua peserta didik mengenakan pakaian serba putih selama latihan manasik haji ini. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh kepala madrasah beserta guru-guru bidang ilmu keagamaan.
Ibu Fithrotil Kamiliya, guru Alquran Hadits dan Ilmu Tafsir, menyampaikan harapannya agar kegiatan manasik haji ini dapat menambah keimanan dan ketakwaan peserta didik. “Harapan utama dilaksanakan manasik haji ini supaya mereka paham rukun Islam kelima, tahu rangkaian prosesi ibadah haji, serta menambah iman dan takwa bagi peserta didik.”
“Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter keagamaan dan mengembangkan nilai kerjasama antara peserta didik dan guru,” ujar Ibu Fithrotil.
Kegiatan manasik haji ini berlangsung dari pagi hingga siang, dengan semua tahapan dilaksanakan sesuai ketentuan. Peserta didik sangat antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan.
“Antusias peserta didik dalam melaksanakan kegiatan manasik haji ini luar biasa. Mungkin ini pengalaman pertama bagi mereka. Peserta didik selama ini hanya mendapatkan teori di dalam kelas dan hanya membayangkan saja. Dengan adanya manasik haji ini, pengetahuan mereka bertambah dan dapat praktik secara langsung dengan bimbingan bapak/ibu guru,” Ujar Ibu Nur Fathonah.
Muhammad Adi Prasetyo, perwakilan kelas XII MIPA 2, mengaku sangat senang dapat praktik langsung dan berharap bisa menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya di masa depan.
“Pelaksanaan manasik haji ini cukup menyita banyak tenaga, mungkin karena cuaca yang panas. Tetapi, ini ajang kita berlatih secara langsung setelah sebelumnya hanya mendapatkan teori di dalam kelas. Saya senang mendapatkan pengalaman seperti ini dan berharap semoga bisa menunaikan ibadah haji di kemudian hari,” jelas Adi.
Dengan adanya kegiatan manasik haji ini, diharapkan para peserta didik MAN 2 Semarang semakin memahami dan menghayati pentingnya ibadah haji serta rukun Islam kelima.
(FW; 22 Juli 2024)