Sambut Peserta Didik Baru, MAN 2 Semarang; Gelar Upacara Pembukaan Matsama dan MBBT

Tengaran, 15 Juli 2024 – MAN 2 Semarang menggelar upacara bendera sekaligus pembukaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) di lapangan madrasah yang berlangsung sukses dari awal hingga akhir. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, tenaga kependidikan serta seluruh peserta didik MAN 2 Semarang. Kepala MAN 2 Semarang, Bapak H. Muhammad Imam Mursid, S.Ag., S.Pd., M.Pd. membuka kegiatan Matsama secara resmi, dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta Matsama secara simbolis kepada peserta Matsama.
Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Semarang mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung menjadi keluarga besar MAN 2 Semarang bagi 172 peserta didik baru. Terima kasih telah memilih MAN 2 Semarang sebagai madrasah tujuan dalam meraih kesuksesan.“ Saya ucapkan selamat memasuki tahun ajaran baru untuk peserta didik kelas XI dan XII dan selamat bergabung di keluarga besar MAN 2 Semarang untuk peserta didik kelas X, serta ikutilah semua kegiatan Matsama dengan baik, kita sambut tahun ajaran baru ini dengan semangat perubahan, motivasi, dan gairah belajar yang tinggi.” Tutur beliau.
Lebih lanjut dikatakan bahwa Matsama merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah bagi peserta didik baru yang telah diterima di MAN 2 Semarang. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dimulai Senin 15 Juli 2024 s.d. 17 Juli 2024. Selama kegiatan Matsama peserta didik baru akan diberi materi yang berbeda setiap harinya. Mulai dari pengenalan profil madrasah, tata tertib madrasah, moderasi beragama, game, senam, demo ekstrakulikuler, lomba debat, dan pensi.
Masih di minggu pertama awal masuk, tepatnya Rabu, 17 juli 2024 MAN 2 Semarang juga melaksanakan upacara pembukaan Matsama MBBT ( Madrasah Boarding Bilingual & Tahfidz) di aula.
Ketua program MBBT Bapak Ahmad Taufik Kurnia, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan semoga kerasan. “ Semoga santriwan dan santriwati MBBT MAN 2 semarang kerasan selama menuntut ilmu, belajarlah dengan sungguh-sungguh penuh semangat dan tanggung jawab, jangan sampai mengecewakan orang tua, buatlah orang tua bangga dengan prestasi kalian.” Lanjut beliau dalam sambutannya.
Matsama MBBT dilaksanakan selama 4 hari, dimulai Rabu, 17 Juli 2024 s.d. Sabtu 20 Juli 2024. Selama 4 hari santriwan dan santriwati akan mengikuti rangkaian kegiatan Matsama mulai dari upacara pembukaan, pemaparan program MBBT, tata tertib dan pola belajar, dinamika kelompok, kegiatan santri dan adab santri, hidup sehat santri, game santri, pemilihan program MBBT sampai upacara penutupan kegiatan Matsama.
Salah satu santriwati dari kelas XI 2, Ray Fatma Vella Aswadita sangat senang dengan diadakannya Matsama untuk MBBT. “Sangat senang dengan diadakannya Matsama MBBT karena bisa menambah pengalaman dan wawasan serta mendapat teman baru dari santri kelas X dan setelah kegiatan Matsama kita bisa melanjutkan hafalan dan menimba ilmu lagi di Boarding ” Ungkapnya dengan penuh antusias . ( WS/22/7/2024)