Man 2 Semarang memperingati Hari Pramuka ke-60

Tengaran – Salam Pramuka. Masih dalam situasi pandemi covid-19, sebanyak 25 persen dari semua guru dan pegawai di Man 2 Kabupaten Semarang mengikuti apel memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-60. Peringatan Hari Lahirnya Pramuka ke-60 di MAN 2 Kabupaten Semarang dilaksanakan pada hari Sabtu,14 Agustus 2021, pukul 08.00 WIB. Meskipun masih dalam situasi pandemi covid-19, tidak mengurangi suasana khidmat dan disiplin para peserta yang terlibat dalam acara yang diselenggarakan di lapangan Man 2 Kabupaten Semarang tersebut.

Dalam amanatnya Kakak Agus menegaskan, “Di dalam lembaga pendidikan seperti MAN 2 Kabupaten Semarang, gerakan Kepramukaan memberikan dampak positif bagi siswa. Khususnya dalam hal yang berkaitan dengan proses pemembentukan karakter yang tangguh, disiplin, tidak gentar dalam menghadapi rintangan, peduli, dan siap berkorban untuk sesama”. Lebih lanjut dijelaskan bahwa karakter tersebut sangat dibutuhkan, terlebih dalam menghadapi situasi pandemi covid-19 ini.

Pada kesempatan tersebut Kak Agus juga mengajak kepada semua peserta apel, untuk melakukan dua gerakan nasional. Pertama adalah gerakan kedisiplinan yang mengajak seluruh masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan. Dan gerakan kedua adalah, gerakan kepedulian nasional yang mengajak seluruh masyarakat untuk saling peduli dan membantu satu sama lain. Kedua gerakan nasional tersebut tidak hanya bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan nasional yang kini terjadi. Melainkan juga untuk mengasah jiwa dan karakter pramuka sejati, sebagaimana tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya, dan Dasa Dharma.

Sebelum masuk pada akhir acara, para kakak pembina dengan semangat melantunkan lagu Hymne Pramuka guna mengobarkan semangat bersama dalam menghadapi situasi pandemi covid -19 ini. Selanjutnya acara diakhiri dengan pembacaan doa. (PAI).