MAN 2 Semarang Goes to Kampung Inggris Pare

Minggu 3 Desember 2023 MAN 2 Semarang mengadakan belajar bersama bahasa inggris kepare kediri 4 sampai 15 desember, belajar bersama bahasa inggris ini dibimbing langsung oleh Ibu Noviati Jamilah SS., M.Hum seorang guru bahasa inggris yang juga Kepala Lab Bahasa yang sering bolak balik keluar negeri. Pare (kampung inggris) sendiri ditempuh paling cepat 6 jam dari lokasi MAN 2 Semarang yang berada di tengaran kabupaten semarang, semoga dengan adanya belajar bersama ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggris siswa siswi MAN 2 Semarang dan memperbesar peluang sukses mereka kelak dikemudian hari.

Kampung Inggris Pare (bahasa Inggris: Pare English Village) adalah sebuah julukan bagi suatu perkampungan yang terletak di sekitar Jalan Anyelir, Jalan Brawijaya, Jalan Kemuning di Desa Tulungrejo dan Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Perkampungan tersebut berkembang menjadi tempat belajar Bahasa Inggris. Sebagai tempat belajar, pemandangan keseharian di Kampung Inggris Pare tak ubahnya seperti kompleks pelajar. Didominasi oleh hiruk pikuk aktivitas orang-orang yang sedang belajar khususnya pada saat musim liburan, kampung ini tidak kalah ramai dengan tempat-tempat wisata karena banyaknya pelajar, mahasiswa, pekerja maupun masyarakat umum yang mengisi waktu liburan mereka untuk belajar sambil berwisata. Orang-orang yang belajar di Kampung Inggris tidak hanya dari Indonesia melainkan juga dari mancanegara seperti Malaysia, Thailand, Timor Leste, dan lain-lain.

Dalam kampung inggris pare ini terdapat program belajar Intensive Kampung Inggris Pare adalah program belajar Bahasa Inggris secara tatap muka / luring (offline) yang dilaksanakan di Kampung Inggris Pare Kediri. Karena program ini sifatnya luring, maka peserta didik harus datang langsung ke Kampung Inggris Pare dan tinggal di camp/ asrama selama program berlangsung. Program ini juga bersifat intensive, jadwal belajarnya padat (4 – 6 kali kelas per hari). Sehingga, memungkinkan peserta didik bisa menguasai dasar – dasar Bahasa Inggris dalam waktu yang relatif singkat. Peserta didik juga diwajibkan untuk tinggal di camp atau asrama English Area, dimana semua yang tinggal di asrama/camp wajib menggunakan Bahasa Inggris setiap saat. Hal ini membuat peserta didik lebih cepat bisa berbahasa Inggris karena berada lingkungan yang mendukung.

Adapun siswa siswi MAN 2 Semarang yang terpilih seleksi kepare adalah sebagai berikut :

PUTRI

1 Abhelia Febriliana 11 MIPA1

2 Aghnia Asfiani 11 MIPA 2

3 Ita Nur Aini 10-1

4 Kholida Salwa Ummaya 11 MIPA1

5 Shinta Aulia Khairunnisa 11MIPA2

PUTRA

6 Barel Sidqi Imadudin 11 IPS-3

7 Ja’far M. Shodiq 10-3

8 Maulana Zubair Musyafa’ 11 IPS-3

9 Muhammad Arif Wibisono 11 MIPA1

10 Rizki Ahmad Fahlevi 10-3

Dikutip dari berbagai sumber