Membangun Karakter Cemerlang : Pengajian Dalam Sambutan Upacara Bendera

Tengaran – Membangun karakter cemerlang, pengajian dalam sambutan upacara bendera hari senin 24 Juli 2023 di lapangan utama MAN 2 Semarang (Tengaran) yang diikuti oleh seluruh siswa madrasah dan guru/pegawai madrasah.

MAN 2 Semarang (Tengaran) memiliki cara unik membangun karakter unggul dan keimanan siswa dengan menyatukan pengajian dalam upacara bendera setiap hari Senin. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan dampak positif dan memperkuat nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari para siswa.

Dalam rangka meningkatkan pemahaman agama dan spiritualitas di kalangan siswa, MAN 2 Semarang (Tengaran) memanfaatkan momen upacara bendera sebagai wadah untuk pengajian. Setiap Senin pagi, seluruh siswa dan guru berkumpul di lapangan sekolah untuk mengikuti upacara bendera, yang kini juga diisi dengan kegiatan pengajian pada saat sambutan dari pembina upacara.

Dalam upacara tersebut hadir pula mahasiswa PPL dari UIN Salatiga sejumlah sebelas mahasiswa, mereka mengaku terkesima dengan cara yang dimiliki oleh MAN 2 Semarang (Tengaran) dalam mendidik siswanya. Mereka menuturkan sangat jarang sekali upacara dilaksanakan dengan memasukkan unsur pengajian di dalamnya.

Kepala madrasah Pak Mursid, menyatakan bahwa kegiatan ini telah memberikan manfaat positif bagi perkembangan karakter siswa. Ia berharap, melalui pengajian dalam upacara bendera, siswa akan semakin terinspirasi untuk mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi individu yang berintegritas tinggi serta berkontribusi positif bagi masyarakat.

Kegiatan pengajian dalam upacara bendera di MAN 2 Semarang (Tengaran) telah menjadi teladan bagi sekolah lain dalam memadukan pendidikan agama dan patriotisme melalui kegiatan upacara. Semoga inisiatif ini dapat memberikan inspirasi positif dalam pembentukan karakter siswa di berbagai institusi pendidikan di seluruh Indonesia. (PAI).