SEKILAS INFO
01-12-2022
  • 2 tahun yang lalu / Visi: Memadukan dzikir, fikir dan skill untuk mempersiapkan generasi Islami, berprestasi dan hidup mandiri
  • 2 tahun yang lalu / MAN 2 Kab. Semarang akan melaksanakan Akreditasi Sekolah secara Online Nopember 2020
5
Mar 2022
0
Mulai Dari Sosialisasi Ujian Madrasah, Program Pasca Sekolah, Hingga Ngaji Bareng, Warnai Acara Sosialisasi Wali Siswa kelas 12 MAN 2 Semarang

Tengaran – mulai dari sosialisasi ujian madrasah, program pasca sekolah, hingga sngaji bareng, warnai acara sosialisasi yang diikuti oleh wali siswa kelas 12 Man 2 Semarang, pada Sabtu 5 Maret 2022.

Berlokasi di lapangan MAN 2 Semarang, acara mulai dibuka sekitar pukul 10.00 wib, oleh Bu Muntafiyah selaku Waka Humas madrasah. Selanjutnya adalah pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Pak Syukron.

Selanjutnya sambutan disambung sosialisasi yang diberikan oleh Kepala Madrasah dan ketua komite Madrasah. Kepala Madrasah dalam kesempatan tersebut menyampaikan kepada seluruh wali siswa kelas 12 yang hadir, bahwa pada tanggal 14 Maret hingga 26 Maret 2022 siswa kelas 12 akan melaksanakan ujian madrasah. Karenanya beliau mengajak seluruh wali siswa untuk mengingatkan dan memberikan motivasi kepada putra/putrinya untuk belajar, disamping terus menjalankan ibadah sholat dan membaca Al Qur’an. Sholat dan membaca Al Qur’an adalah suatu hal yang lumrah bahkan sudah sewajibnya apabila dilakukan oleh umat muslim. Karenanya orang tua sudah sepatutnya mengajak anaknya untuk melakukan hal tersebut. Selain itu orang tua diminta mengingatkan dan memberikan motivasi kepada anaknya guna menghadapi ujian madrasah. “Apakah bapak/ibu semua rela apabila anak bapak/ibu saya bakar?”, Ucap tegas Pak Imam. Mendengar hal itu, seluruh wali siswa yang hadir bersama menjawab, “tidak”. Setelah jawaban itu, Pak Imam kemudian menyambungnya, “Nah kalau bapak/ibu tidak rela kalau anaknya dibakar di dunia, kenapa kok rela di bakar di neraka?”. Menurutnya perihal membaca Al Qur’an dan mengaji adalah suatu hal yang sudah sewajibnya dilakukan oleh umat muslim, apabila tidak melakukannya kita bisa saja kena hukuman dibakar di neraka ucapnya. “Bapap/ibu percaya tidak, jika tidak melakukan sholat kita bisa dibakar di neraka ?”, sambungnya. Mendengar kalimat itu, dijawab kompak oleh seluruh yang hadir, “percaya”. “Kalo percaya mari tak hentinya kita sebagai orang tua terus mengingatkan hal itu, nah berhubung sebentar lagi akan diadakan ujian madrasah bapak/ibu juga jangan lupa untuk mengingatkan dan memberikan motivasi kepada putra/putrinya untuk belajar”, ucap beliau.

Hal lain juga disampaikan oleh Kepala Madrasah pada kesempatan itu, beliau sebelum masuk pada pembahasan lainnya diawali dengan pertanyaan kepada wali siswa yang hadir. “Lalu jika sudah melaksanakan ujian madrasah, putra/putrinya mau ngapain?”, tanya beliau. Beliau menyampaikan bahwa setelah dilaksanakan ujian madrasah, dari pihak madrasah sudah mempersiapkan program yang ditujukan pada siswa kelas 12 yang sebentar lagi akan lulus dari madrasah. Program tersebut disesuaikan pada rencana masing-masing siswa. “Kami menawarkan kepada bapak/ibu sekalian untuk mempersiapkan putra/putrinya guna melanjutkan setelah dari madrasah ini. Yang berniat kuliah, kami siapkan program bimbel guna mempersiapkan tes masuk perguruan tinggi, untuk yang s lebih memilih bekerja kami juga siapkan program pelatihan kerja sesuai bidang yang diinginkan “, ucap beliau. Mendengar hal tersebut para wali yang hadir terlihat sangat mendukung program yang akan dijalankan oleh madrasah tersebut. Dilanjutkan sambutan oleh ketua komite madrasah.

Pada kesempatan tersebut Pak Muhdi selaku ketua komite MAN 2 Semarang menyampaikan beberapa hal khususnya terkait dengan apa yang telah kepala Madrasah sampaikan sebelumnya. Diawal Pak Muhdi mengajak seluruh wali siswa untuk mengingatkan dan tak bosan-bosannya memberikan motivasi kepada putra/putrinya untuk belajar, apalagi sebentar lagi akan melaksanakan ujian madrasah. Lalu beliau juga menanggapi apa yang telah Kepala Madrasah sampaikan sebelumnya, perihal program pasca sekolah yang ditawarkan oleh madrasah. Menurutnya hal tersebut adalah suatu hal yang sangat baik dan sangat dibutuhkan oleh seluruh siswa, khususnya kelas 12. “Jangan sampai putra/Putri kita yang telah lulus dari MAN 2 Semarang ini kemudian kebingungan nantinya, baik yang mau kuliah atau yang kerja”, ucap beliau kepada seluruh yang hadir di acara tersebut. “Dengan adanya program dari madrasah tersebut, saya rasa itu adalah hal yang sangat baik dan memang dibutuhkan oleh siswa kita. Karena dengan adanya program tersebut nantinya siswa saya rasa akan siap, baik yang mau kuliah atau bekerja”, sambungnya.

Mendengar apa yang telah disampaikan pada acara tersebut, para wali siswa yang hadir merasa sangat senang dan bangga menyekolahkan anaknya di MAN 2 Semarang. Menurutnya dari pihak madrasah bahkan memiliki niat yang sangat mulia dalam mempersiapkan siswanya baik yang ingin kuliah atau bekerja. Para wali yang hadir juga menyampaikan bahwa kedepan mereka yakin bahwa MAN 2 Semarang akan menjadi madrasah yang semakin besar.

Semoga seluruh siswa kelas 12 MAN 2 Semarang, diberikan kelancaran dalam melaksanakan ujian madrasah. Semoga program yang nantinya madrasah berikan mampu memberikan dampak positif bagi siswa, dan seluruh siswa kelas 12 akan diberikan kelancaran kedepannya, baik kuliah atau bekerja. Menginjak pukul 11.45 wib, dipimpin oleh Pak Nashif acara ditutup dengan bersama membaca doa. (PAI)

Pengumuman

PPDB MAN 2 Semarang Tahun 2021-2022

Blog Guru

Arsip

Kategori