Pelaksanaan Asesmen Bakat dan Minat (ABM)

Rabu 22 November 2023, MAN 2 Semarang mengadakan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) di proktori oleh Bpk Selamet Hanafi S.Si, Bpk Supriyanto S.Pd dan Bpk Puji as’ari S.Sy untuk siswa kelas XII dengan informasi sebagai berikut:

1.Tes ABM diikuti seluruh siswa kelas 12, terbagi menjadi 3 sesi.

2.Peserta didik hadir sesuai sesinya, misal peserta didik yang mendapat sesi 3 ( jam 13.30), diperbolehkan sampai di Madrasah pada jam 13.00.

Asesmen Bakat dan Minat adalah tes yang mengukur potensi setiap peserta didik untuk memprediksi kemampuan dan ketertarikannya di bidang-bidang tertentu. Potensi yang dimaksud berkaitan dengan bidang pendidikan maupun pekerjaan. ABM 2023 dilaksanakan dengan tes berbasis komputer secara online (CBT Online). Dalam praktiknya, Asesmen Bakat Minat 2023 dipilah menjadi dua macam tes. Keduanya adalah tes bakat dan tes minat.

Merujuk kepada Juknis Asesmen Bakat Minat 2023, tes bakat terdiri atas 140 butir soal yang harus dikerjakan maksimal selama 120 menit. Terdapat 7 subtes dalam asesmen bakat, yakni verbal, kuantitatif, penalaran, figural, mekanikal, penggunaan bahasa, dan klerikal. Selanjutnya, tes minat tersaji dengan 108 butir soal yang harus dikerjakan paling lama 30 menit. Tes ini setidaknya terbagi menjadi 3 aspek, yakni minat dasar, minat metodis, dan minat praktis.

Dikutip dari berbagai sumber